Beberapa Tools Terkait Keamanan Informasi yang Bermanfaat untuk Kamu

Beberapa Tools Terkait Keamanan Informasi yang Bermanfaat untuk Kamu

Muhammad Ridwan Na'im 13 Oktober 2023 - 09:06:31 WIB

Keamanan informasi adalah hal yang sangat penting di era digital saat ini. Banyak orang mungkin tidak sadar betapa berharganya informasi pribadi mereka hingga terjadi pelanggaran data atau serangan siber. Untuk membantu masyarakat awam melindungi diri mereka sendiri, ada beberapa alat (tools) yang dapat digunakan dengan mudah tanpa harus menjadi ahli dalam bidang keamanan siber. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa alat terkait keamanan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat umum.

 

  1. Manajer Kata Sandi
    Manajer kata sandi adalah alat yang menyimpan dan mengelola semua kata sandi Anda dengan aman dan mampu menghasilkan kata sandi yang kuat untukmu. Beberapa contoh populer dari aplikasi manajer kata sandi adalah LastPass, 1Password, dan Bitwarden.
     
  2. Periksadata.com
    Periksadata.com adalah sebuah situs yang memungkinkan kamu melakukan pelacakan apakah kamu telah menjadi korban kebocoran data atau tidak berdasarkan email yang kamu masukkan. Periksadata.com akan memberikan kamu informasi mengenai dari mana sumber kebocoran data, kapan, apa saja data pribadimu yang bocor, dan memberikan rekomendasi untuk kamu apabila telah menjadi korban kebocoran data.
     
  3. Virustotal.com
    Virustotal.com adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan kamu menganalisa alamat IP, alamat URL, dan file yang kamu curigai sebagai malware. Dengan aplikasi ini kamu juga bisa mengetahui keterkaitan antara sampel yang kamu kirim dengan malware lainnya yang telah berhasil diidentifikasi oleh Virustotal. Kamu juga bisa mempelajari bagaimana malware yang kamu kirim bekerja pada perangkat korbannya.
     
  4. Aduannomor.id
    AduanNomor.id merupakan situs resmi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang difungsikan sebagai portal untuk menerima aduan masyarakat terkait penyalahgunaan nomor seluler yang digunakan untuk penipuan.  Untuk melaporkan sebuah nomor kamu wajib melampirkan bukti pendukung berupa capture SMS, rekaman percakapan atau bukti pendukung lainnya yang berkaitan dengan tindakan penipuan tersebut dan disertai dengan identitas pelapor yang benar.
     
  5. Cekrekening.id
    CekRekening.id adalah Situs Resmi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang difungsikan sebagai portal untuk melakukan pengumpulan database rekening bank diduga terindikasi tindak pidana ITE. Melalui situs ini, kamu dapat berpartisipasi dan membantu sesama pengguna transaksi elektronik demi menciptakan lingkungan e-commerce yang sehat, aman, dan nyaman.
     
  6. Aplikasi MFA (Multi Factor Authentication)
    MFA (Multi-Factor Authentication) adalah metode keamanan yang mengharuskan pengguna untuk memasukkan dua atau lebih faktor otentikasi sebelum diizinkan mengakses akun atau sistem. Dengan kata lain, MFA menambahkan lapisan keamanan ekstra untuk memastikan bahwa hanya pemegang yang sah dari akun atau perangkat yang diizinkan mengaksesnya.  Contoh Aplikasi MFA di antaranya adalah: Google Authenticator, Authy, YubiKey, dan LastPass Authenticator.

Beberapa Tools Terkait Keamanan Informasi yang Bermanfaat untuk Kamu

Author

Muhammad Ridwan Na'im

Jadilah bermanfaat tanpa harus dimanfaatkan

Post Terkait

ANALISA EMAIL PHISHING PADA EMAIL TANGERANG KOTA

Muhammad Ridwan Na'im 01 September 2023 - 06:15:29 WIB

ANALISA EMAIL PHISHING PADA EMAIL TANGERANG KOTA

Trending

CONTENT SECURITY POLICY
CONTENT SECURITY POLICY

Muhammad Ridwan Na'im 07 April 2022 - 19:15:06 WIB

Bug Zero Day Terbaru pada Browser Chrome. Update Browsermu Segera!
Bug Zero Day Terbaru pada Browser Chrome. Update Browsermu Segera!

Muhammad Ridwan Na'im 07 April 2022 - 21:31:47 WIB

Lima Ancaman Keamanan Jaringan Dan Cara Mengamankannya
Lima Ancaman Keamanan Jaringan Dan Cara Mengamankannya

Muhammad Ridwan Na'im 27 September 2022 - 12:07:37 WIB