PERINGATAN DINI BAGI PENGGUNA CODEIGNITER 3

PERINGATAN DINI BAGI PENGGUNA CODEIGNITER 3

Muhammad Ridwan Na'im 22 September 2023 - 09:30:10 WIB

Codeigniter 3 merupakan sebuah framework PHP yang paling banyak digunakan oleh pengembang. Selain sangat mudah digunakan dan memiliki dokumentasi yang rinci, framework ini memiliki performa yang baik dan paling ringan dibandingkan framework PHP lainnya. Namun, pengguna Codeigniter 3 harus bersiap-siap melakukan migrasi aplikasinya ke framework lain yang lebih modern. Hal ini karena pada PHP versi 8.2 pembuatan dynamic properties mulai ditinggalkan dan akan dihapus pada PHP 9.0.

“The creation of dynamic properties on classes that aren't marked with the #[AllowDynamicProperties] attribute is deprecated in PHP 8.2 and becomes an Error exception in PHP 9.0. All used properties should be declared in the class declaration.“ (PHP)

 

 

Dynamic properties adalah kemampuan pada PHP yang memungkinkan pengembang menambahkan properti baru ke dalam objek pada saat runtime. Hal ini membuat pengembang tidak perlu mendefinisikan semua properti sebuah objek di awal saat membuat kelas. Pengembang dapat menambahkan properti baru ke dalam objek tersebut sesuai kebutuhan. Kemampuan ini banyak sekali dipakai oleh sistem Codeigniter 3 seperti untuk memuat controller, library, dan model.  Setiap pengembang memuat controller, library, atau model, Codeigniter akan membuat dynamic property untuk setiap Class tersebut. Sehingga apabila aplikasi dijalankan pada PHP 8.2, akan menyebabkan error seperti berikut.

PHP beralasan bahwa perubahan ini untuk mencegah kesalahan (akibat kesalahan penulisan maupun perubahan nama) dan karena dynamic properties itu sendiri menyebabkan PHP tidak bisa mendeteksi error atau tidak bisa mendeteksi kesalahan.

Sebenarnya error ini bisa disembunyikan dengan mengaktifkan environment production atau disable deprecated message. Namun ada permasalahan lain yang perlu diperhatikan. Codeigniter versi terbaru yaitu 3.1.13, hanya berjalan dengan lancar pada PHP 8.1.x. Sementara dukungan untuk PHP 8.1 berakhir pada 25 November 2023 dan dukungan patching hingga 25 November 2024. Codeigniter 3 juga mulai jarang melakukan update atau patch terhadap bug. Hal ini bisa dilihat pada repositori github bcit/Codeigniter. Dapat terlihat grafik yang relaitf landai dan terdapat 25 issue yang belum ditutup.

Maka sangat penting bagi pengguna atau organisasi yang masih menggunakan Codeigniter 3 sebagai framework PHP agar segera melakukan migrasi ke framework yang lebih modern untuk meningkatkan performa dan menjaga agar sistemnya tetap aman. Sebagai alternatif, Codeigniter sendiri telah merilis Codeigniter versi 4 yang secara arsitektur mungkin berbeda jauh dengan Codeigniter 3. Pengembang yang biasa menggunakan Codeigniter bisa menggunakan framework ini karena sama-sama memiliki performa yang bagus dan dokumentasi yang cukup jelas.

PERINGATAN DINI BAGI PENGGUNA CODEIGNITER 3

Author

Muhammad Ridwan Na'im

Jadilah bermanfaat tanpa harus dimanfaatkan

Post Terkait

Trending

CONTENT SECURITY POLICY
CONTENT SECURITY POLICY

Muhammad Ridwan Na'im 07 April 2022 - 19:15:06 WIB

Bug Zero Day Terbaru pada Browser Chrome. Update Browsermu Segera!
Bug Zero Day Terbaru pada Browser Chrome. Update Browsermu Segera!

Muhammad Ridwan Na'im 07 April 2022 - 21:31:47 WIB

Lima Ancaman Keamanan Jaringan Dan Cara Mengamankannya
Lima Ancaman Keamanan Jaringan Dan Cara Mengamankannya

Muhammad Ridwan Na'im 27 September 2022 - 12:07:37 WIB